Text
Kaizen Strategies For Customer Care (Kepedulian Pada Pelanggan) Cara Menciptakan Program Kepedulian Pada Pelanggan Yang Ampuh Dan Menerapkannya
Astrido Jaya Mobilindo (Cabang Toyota Klender) merupakan dealer authorized Toyota, pada divisi servis terdapat Express Maintenance (EM). EM merupakan sistem kerja khusus perawatan servis berkala kendaraan tanpa keluhan dengan target 90 menit. Tetapi pada realita terdapat masalah waktu servis lebih dari 90 menit, hal tersebut disebabkan oleh pelanggan EM lama menunggu untuk dilayani, pelanggan EM datang telat, tunggu cuci unit EM lama, proses pengerjaan unit EM lama, dan proses cuci unit EM lama. Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan lead time EM untuk meningkatkan output unit dengan membuat usulan perbaikan terhadap kendala yang ada pada proses EM dan melakukan implementasi. Atas dasar tersebut peneliti menggunakan metode PDCA (Plan, Do, Check, Action). Setelah dilakukan penarikan data lead time EM (SBE 40.000 km) pada bulan Februari selama 1:56:43 maka dilakukan perbaikan seperti problem identifikasi, breakdown problem yaitu menentukan penyebab lead time EM tidak sesuai target, analisa rootcause yaitu menganalisa kenapa lead time pada proses tersebut bisa lama dan kaizen plan yaitu membuat rencana perbaikan (Plan), implementasi yaitu mengaplikasikan rencana sesuai kaizen plan (Do), evaluasi hasil dan proses yaitu mengevaluasi hasil dari implementasi dengan histogram data sesudah dan sebelum perbaikan (Check), Standarisasi yaitu melakukan langkah usaha untuk menjaga agar lead time EM tetap terjaga (Action). Hasil yang didapat lead time EM menjadi 1:14:06 terjadi selisih sebesar 0:42:37 dari kondisi sebelumnya. Total Output unit EM mengalami kenaikan dari 106 menjadi 137 unit terjadi selisih sebanyak 31 unit.
Tidak tersedia versi lain