Buku ini diharapkan dapat menyediakan manfaat bagi pustakawan, tenaga teknis
perpustakaan dan pemustaka, seperti dosen, peneliti, mahasiswa, dan lain-lain dalam dua
aspek, yaitu aspek teoritis dan praktis.
Aspek teoritis:
1. Sebagai pijakan akademis bagi pustakawan untuk memahami berbagai langkah
literasi informasi berdasarkan definisi dan teori yang berasal dari berbagai organisasi
dan pakar dalam bidang informasi literasi.
2. Sebagai pijakan bagi pustakawan maupun pemustaka untuk melaksanakan penelitian
dan penulisan akademik dengan menggunakan beberapa pendekatan, langkah ataustrategi literasi informasi terkini yang dikembangkan oleh para pakar dan organisasi
kepustakawanan Global.
3. Sebagai pijakan bagi pustakawan dan para peneliti di bidang ilmu perpustakaan dan
informasi untuk mengembangkan penelitian yang berkaitan dengan literasi informasi
itu sendiri.
Aspek praktis:
1. Mengembangkan pemahaman para pemustaka di lingkungan Kementerian
Kesehatan tentang literasi informasi untuk menghasilkan penelitian atau penulisan
akademis yang berkualitas.
2. Sebagai panduan mutakhir bagi para pemustaka di lingkungan Kementerian
Kesehatan untuk memanfaatkan informasi, baik yang dimiliki oleh perpustakaan
Kemenkes, maupun berbagai sumber terbuka yang dikelola oleh organisasi lain di
luar Kemenkes.
3. Sebagai panduan bagi para pemustaka untuk mengembangkan keterampilan sebagai
pembelajar sepanjang hayat.
4. Bagi pustakawan, panduan ini menjadi pedoman untuk mengembangkan dan
melaksanakan layanan pendidikan pemustaka di lingkungan Kementerian Kesehatan.