Text
Model-model Pembelajaran Interaktif
Proses pembelajaran yang baik adalah proses pembelajaran yang memungkinkan para pembelaja aktif melibatkan diri dalam keseluruhan proses baik secara mental maupun secara fisik. Model proses ini dikenal sebagai pembelajaran interaktif yang memiliki karakteristik umum sebagai berikut : rn- Adanya variasi kegiatan klasik, kelompok dan perorangan.rn- Keterlibatan mental (pikiran, perasaan) siswa tinggi.rn- Dosen/intruktur/tutor lebih berperan sebagai :fasilitator belajar, narasumber, manajer kelas yang demokratis.rn- Menerapkan pola komunikasi banyak arah.rn- Suasana kelas yang fleksibel, demokratis, menantang dan tetap terkendali oleh tujuan.rn- Potensial dapat menghasilkan dampak instruksional dan dampak pengiring lebih efektif.rn- Dapat digunakan di dalam dan atau di luar kelas/ruangan.rnModel-model yang dikemas dalam buku ini sengaja menggunakan format yang sama agar mudah dipahami, dihayati dan diterapkan. format itu mencakup pengertian dan tujuan, rasional, ciri model, ketrampilan dasar mengajar yang diperlukan, prosedur, tata kelas dan kondisi yang diperlukan, dan contoh penerapan dan alternatif improvisasi.rn
Tidak tersedia versi lain