Text
Ilmu Perilaku dalam Pelayanan Kesehatan
Menjadi seorang karyawan kesehatan atau pun seorang pelayan kemanusiaan lain berarti menghadapi dan menangani manusia-manusia yang unik. Karyawan sendiri juga merupakan manusia yang unik. Memahami mengapa manusia berperilaku seperti apa yang ia lakukan adalah sangat penting, baik dalam memberi pertolongan maupun dalam usaha pencegahan.
Buku ini ditulis untuk memahami perilaku manusia
dalam keadaan sehat dan sakit,
dalam keadaan senang dan susah. Tulisan ini juga membantu karyawan kesehatan dan pelayan kemanusiaan lain untuk memahami perilakunya sendiri dalam menolong sesama manusia. Perilaku itu berbeda bila ia bertindak atas nama sendiri atau bekerja sebagai anggota tim (team). Tim atau kelompok pun mempunyai perilaku sendiri.
Buku ini berguna bagi para mahasiswa dalam bidang studi yang berhubungan dengan kesehatan, namun bermanfaat juga bagi praktisi seperti dokter, perawat, dokter gigi dan pelayan lain dalam bidang kemanusiaan, umpama anggota LSM dan pendamping orang sakit. Singkatnya berguna bagi semua orang yang hendak memperolen pemahaman lebih mendalam mengenai perilaku baik dari manusia yang hendak ditolong, maupun dari manusia yang hendak menolong.
Tidak tersedia versi lain