Referensi praktis ini menghubungkan diagnosis medis pediatrik yang sering dihadapi dengan diagnosis keperawatan pada anak yang dirawat di rumah sakit. Pendekatannya unik, dimulai dengan diagnosis medis dan patofisiologi sebelum membahas rencana asuhan keperawatan individual yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan khusus anak.
Buku ini menguraikan masalah-masalah, seperti bahasa berpikir kritis, peningkatan kesadaran, dampak berpikir kritis pada kualias asuhan, mendorong staf dan mahasiswa untuk berpikir kritis. Buku ini membuat konsep berpikir kritis menjadi nyata dan dapat dikelola serta memberi strategi khusus untuk memperbaiki berpikir kritis pada semua aspek asuhan keperawatan.
Isi buku ajar yang berorientasi pada praktik menyoroti pengkajian, komunikasi terapeutik, neurobiologi, dan intervensi psikofarmakologi, dengan penekanan pada kesadaran diri dan sumber keperawatan keluarga/komunitas.
Materi yang dibahas dalam buku ini antara lain : - Berpikir, bertindak dan proses keperawatan - Detail pemikiran dan proses keperawatan - Mengomunikasikan pemikiran dan proses keperawatan - Berpikir dalam situasi pasien yang rumit.
Buku ini menyajikan tentang gangguna, terapi, pengkajian, pemantauan dan terapi obat dalam satu format yang komprehensif dan mudah digunakan.