Buku ini menyajikan materi tentang konsep mutudasar pelayanan kesehatan. Mutu pelayanan kesehatan merupakan pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan kesehatan yan sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk serta penyelenggaraannya sesuai dengan standar dan kode etik profesi. Buku ajar ini dapat menjadi panduan bagi akademisi dan dan membantu para mahaiswa da…
Penulisan buku yang berjudul penjaminan mutu pelayanan kesehatan & akseptabilitasnya ini terinspirasi dari pengalaman penulis menjadi widyaiswara di bapelkes provinsi sumatera barat selama kurang lebih 20 tahun dan pengalaman penulis menggeluti mata kuliah manajemen mutu pelayanan kesehatan/pelayanan prima dan menjadi dosen luar biasa materi yang sama di berbagai perguruan tinggi seperti S2 Bio…
Buku ini menjelaskan prinsip epidemiologi yang akan diterapkan dalam tatanan pelayanan kesehatan dan memberikan pedoman praktis dalam mengidentifikasi, menginvestigas, dan mengendalikan wabah yang disebabkan oleh agens infeksis maupun non-infeksis.
Buku ini sangat bermanfaat untuk apoteker dan calon apoteker untuk memahami manajemen dan pemasaran di bidang farmasi yang sudah berkembang pesat. Isinya, disamping memberikan manfaat praktis, juga memberikan masukan konseptual tentang penerapan manajemen farmasi.
Untuk memudahkan akses kedalam isi buku ini, seluruh entri disusun secara alfabetis sebanyak 550 entri kasis yang umum terjadi di klinik. secara umum isi buku ini mencakup topik : - Anatomi & fisiologi reproduksi - Keluarga berencana - pertumbuhan dan perkembangan janin - perubahan biofisik dalam kehamilan - proses persalinan - prinsip pertumbuhan dan perkembangan - pedoman khusus sesu…
Buku ini membahas konsep dan aplikasi terkait manajemen mutu dalam peayanan keprawatan, sesuai dengan update keilmuan.
Buku ini menguraikan: - Pelayanan Kesehatan sebagai jasa - Mutu pelayanan kesehatan - Manajemen mutu - Perencanaan mutu - Analisis sistem pengembangan mutu - Budaya kerja dan kepemimpinan
Penyelenggaraan Makanan Manajemen Sistem Pelayanan Gizi Swakelola & Jasaboga di Instalasi Gizi Rumah Sakit
Buku ini bertujuan untuk memberikan bahan bacaan dan bahan pertimbangan kepada para petugas gizi rumah sakit serta perawat yang berminat terhadap pengetahuan gizi dan diet
Pelayanan kesehatan dirumah sakit kepuasan pasien merupakan salah satu indikator mutu pelayanan kesehatan. Masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya keluhan pasien terhadap kurang puasnya pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian adalah diketahuinya hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien.
Desentralisasi dalam arti umum didefinisikan sebagai pemindahan kewenangan, atau pembagian kekuasaan dalam perencanaan pemerintahan, manajemen dan pengambilan keputusan dari tingkat nasional ke tingkat daerah (37), atau secara lebih umum adalah pemindahan dari tingkat pemerintahan yang tinggi ke tingkat yang lebih rendah. Dalam praktek, desentralisasi sistem kesehatan mempunyai berbagai macam b…
Dalam buku ini dibicarakan berbagai segi ekologi wilayah tropika mengingat masih banyak pengetahuan yang perlu digali mengenai hal itu. Buku ini terdiri dari dua parwa: yang pertama mengupas berbagai asas dasar yang dapat diterapkan pada keadaan di darat dan di air, dan yang kedua membahas struktur hutan tropika, sabana dan gurun.
Buku ini menjelaskan secara terperinci KIA dimaksud, guna membantu para mahasiswa kedokteran umum, keperawatan, kebidanan, dan pascasarjana ilmu kesehatan masyarakat
Ilmu lingkungan mengentegrasikan berbagai ilmu yang mempelajari hubungan antara jasad hidup (termasuk manusia) dengan lingkungannya. Di dalamnya berbagai disiplin ilmu seperti sosiologi, epidemiologi, kesehatan masyarakat, planologi, geografi ekonomi, meteorologi, hidrologi, bahkan pertanian, kehutanan, perikanan, dan peternakan sekaligus dipandang dalam suatu ruang serta perspektif yang luas d…
Buku ini bercerita tentang panduan yang mengatur langkah-langkah untuk mencegah dan mengendalikan infeksi di fasilitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut.
Materi yang dibahas dalam buku ini meliputi : ▫ Soft Skills dalam Pekerjaan ▫ Caring dalam Keperawatan
Menjadi seorang karyawan kesehatan atau pun seorang pelayan kemanusiaan lain berarti menghadapi dan menangani manusia-manusia yang unik. Karyawan sendiri juga merupakan manusia yang unik. Memahami mengapa manusia berperilaku seperti apa yang ia lakukan adalah sangat penting, baik dalam memberi pertolongan maupun dalam usaha pencegahan. Buku ini ditulis untuk memahami perilaku manusia dala…
penelusuran informasi disusun untuk membekali pemahaman mahasiswa dan sekaligus kemampuan melakukan penelusuran informasi dalam berbagai bentuknya, baik tercetak maupun informasi elektronik yang diterbitkan secara online melalui jaringan global atau internet dan web.
Pelayanan kebidanan merupakan pelayanan profesi bidan yang bertujuan meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak. Adapun pelayanan yang diberikan terkadang menuai pro dan kontra. Hal tersebut disebabkan oleh perbedaan persepsi atau cara pandang terhadap pelayanan tersebut. Oleh sebab itu, peningkatan mutu pelayanan kebidanan sangat diperlukan. Dalam buku ini terdapat beberapa pokok bahasan yan…
Buku ini membahas tentang : 1. pasien antepartum 2. pasien berisiko pada periode antepartum 3. pasien intrapartum 4. pasien berisiko pada periode intrapartum 5. bayi baru lahir normal 6. bayi baru lahir dengan risiko 7. pasien pascapartum 8. pasien berisiko pada pascapartum 9. perawatan keluarga pascapartum di rumah
Buku ini membahas tentang: 1. peranan puskesmas dalam kesehatan ibu 2. elemen esensial pada perawatan kebidanan dan neonatal 3. pengembangan dan pemeliharaan sistem perujukan yang fungsional 4. mekanisme penunjang institusional 5. sistem dukungan masyarakat 6. evaluasi dan pemantauan
Materi yang dibahas antara lain: - Sekilas tentang Posyandu Lansia - Pembentukan Posyandu Lansia - Pengelolaan Posyandu Lansia - KMS Lansia - Masalah kesehatan lansia.
Buku ini bercerita tentang pendekatan jaminan mutu layanan kesehatan dan dapat menjadi rujukan yang sangat baik bagi para penyelenggara layanan kesehatan ataupun masyarakat yang akan memanfaatkan layanan kesehatan.
- Pendekatan mutu dan kepuasan pelanggan dalam pelayanan kesehatan - Visi misi dan strategi mutu pelayanan kesehatan - Manajemen mutu paripurna - Peningkatan mutu berkelanjutan pelayanan kesehatan - Menjaga mutu pelayanan kesehatan - Gugus kendali mutu pelayanan kesehatan - Pemecahan masalah dan pembuatan keputusan - Teknis statistik peningkatan mutu - Evaluasi pelayanan kesehatan.
Pelayanan kesehatan Primer telah lama diterima sebagai jalan yang paling baik untuk mencapai kesehatan bagi semua ,tetapi keberhasilanya mencapai sasaran banyak tergantung pada efektivitas manajemen.